Tingkatkan Pendidikan Pemilih Cerdas APM Menggelar Pelatihan

0
187

 

Suasana Pelatihan Pemilih Cerdas

Merangin, tuntastv.com – Aliansi Perempuan Merangin (APM) menggelar pelatihan Pendidikan Pemilih Cerdas dengan mengusung tema “Perempuan Cerdas Dalam Berpolitik”, bertempat di Kabupaten Merangin, Sabtu (13/1).

Acara tersebut bekerjasama dengan Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) dan Forum Perempuan Akar Rumput (FKPAR) yang diikuti seluruh anggota APM, KPI, FKPAR dari Kabupaten Merangin, Sarolangun, Bungo, dan Muara Jambi. Mendatangkan narasumber dari KPU, Bawaslu Kabupaten Merangin dan dari Fasilitator KPI/FKPAR.

Ketua APM Merangin, Aljimah dalam sambutannya menyampaikan, acara pendidikan pemilih ini untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi kaum perempuan dalam berpolitik juga merupakan bentuk partisipasi aktif bagi perempuan untuk ikut memajukan demokrasi agar perempuan memperoleh informasi yang tepat.

Menurutnya, selama ini keterlibatan kaum perempuan diranah publik dinilai masih belum memuaskan, karena masih rendahnya keterwakilan perempuan sebagai pengambil kebijakan dan banyak menganggap dunia politik adalah dunianya laki-laki.

“Dalam upaya kesetaraan gender, khususnya dalam dunia politik dan pengambilan keputusan, perlu upaya yang sinergis dan berkesinambungan dengan melibatkan semua pihak dalam memajukan peran serta perempuan,”ungkap Aljimah.

Foto Bersama Peserta Pendidikan Pemilih Cerdas

Sementara itu, Ketua KPU Merangin yang diwakili anggota, Jatniko, pada sambutan menyampaikan apresiasi kepada APM Merangin dan KPI/FKPAR yang menyelenggarakan Pendidikan Pemilih, sehingga kaum perempuan bisa meningkatan pengetahuan dan wawasan dalam bidang politik, memajukan demokrasi dan Negara.

“Kegiatan ini sangat positif dimana sangat jarang perempuam membicarakan politik, sehingga dengan pelatihan diharapkan kaum perempuan lebih eksis lagi didunia politik dan semakin berperan dalan perkembangan dunia politik tidak kalah dengan laki-laki. KPU Merangin siap bersinergi dengan APM dan KPI/FKPAR dalam meningkatkan perannya dalam bidang pendidikan politik, ujarnya Jatniko.

“Sesuai aturan setiap Partai Politik wajib mengakomodasi 30 persen bagi perempuan dan memasukan menjadi calon legeslatif.” jelas Jatniko.

Sedangkan Ketua Bawaslu Merangin, Albert, dihadapan para peserta pelatihan menyampaikan, selain memberi apresiasi dirinya mengharapkan kepada seluruh kaum perempuan untuk terus pro aktif dalam bidang politik sehingga bisa sejajar dengan kaum laki-laki.

Lanjut Albert, kami sangat mengharapkan kepada kaum perempuan khususnya para peserta pelatihan, berperan aktif dalam ikut mencerdaskan perempuan khususnya dalam pendidikan politik serta ikut mengawasi dalam Pilkada Merangin 2018 nanti.

Seusai sambutan dari Ketua KPU dan Bawaslu Merangin, acara dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Perempuan dan Kepentingan Negara serta Perempuan dan Pemilu yang disampaikan oleh Anjar Romani mitra APM dari KPI Provinsi Jambi.(BJ)

LEAVE A REPLY