Menuju OPD Percontohan, Dinas Koperasi, UKM Provinsi Jambi Adakan Bintek Insan Koperasi

0
328
Harmen Rusdi Kadis Koperasi, UKM Provinsi Jambi Dalam Sessi Tanya Jawan Dengan Peserta Bintek

Jambi,tuntastv.com – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Jambi mengadakan bimbingan teknis (Bintek) perkoperasian bagi pengurus koperasi/pengelola koperasi angkatan II se-provinsi Jambi, Senin (18/9/2017) di gedung Balai Koperasi (BalatKop) Jambi.

Kegiatan bimbingan teknis tersebut akan dilaksanakan dari tanggal 18-20 September 2017 untuk mendapatkan wawasan perkoperasian.

Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Provinsi Jambi, Drs. Harmen Rusdi mengatakan Bintek pengurus, pengelola dan pengawasan adalah salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) orang-orang koperasi.

Kadis Koperasi, UKM Provinsi Jambi, Harmen Rusdi Saat Membuka Acara

Dirinya mengakui bahwa salah satu masalah yang ada pada perkoperasian adalah SDM, padahal SDM merupakan faktor yang sangat penting dalam mengelola koperasi.

“Data menunjukkan 3880 koperasi telah dibentuk pada masa sebelumya di Provinsi Jambi, sekitar 40% terdapat koperasi yang tidak aktif, salah satu faktor yang menyebabkan koperasi tidak aktif adalah kemampuan mereka dalam mengelola koperasi,” ujar Harmen Rusdi.

Peserta Bintek Mendengar Arahan Kadis Koperasi, UKM Provinsi Jambi

Harmen berharap dengan adanya Bintek-bintek yang diterapkan insan koperasi, pengelola dan pengawas dapat mengelola koperasi dengan baik. Dirinya beranggapan bahwa koperasi yang beprestasi dan berkualitas adalah koperasi yang memiliki SDM berkualitas pula.

Peserta Bintek Insan Koperasi

“Persoalan sekarang kita dihadapkan pada dua sisi, ketika kita berharap SDM yang baik, pembinaan dan pengelolaan juga harus ditingkatkan,”katanya.

Harmen mengatakan Dinas Koperasi akan berusaha keras melakukan revitalisasi pendirian Balaikop. Dirinya menuturkan telah mendapakan dukungan dari Kementrian Koperasi dan Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli untuk menjadikan Balikop sebagai UPTD.

“Insyaallah 2018 kita lakukan revitalisasi pendirian balatkop, prosesnya sekarang alhamdulillah sudah dapat dukungan dari Kementrian dan sudah disetujui oleh pimpinan provinsi mudah-mudahan akan menjadi UPTD dibawah naungan Dinas Koperasi yang menjalankan tugas dan fungsi khusus dalam program peningkatan SDM,” ungkap Harmen. (rj)

LEAVE A REPLY